Cara Efektif Mengatasi Telinga Berair dan Bau pada Anak

Akibat infeksi atau jarang membersihkan kotoran telinga, masalah yang umum muncul pada anak-anak adalah telinga berair dan berbau. Agar para bunda tidak bergantung pada obat kimia, pafikabluwutimur.org akan menjelaskan beberapa cara alami mengatasinya.

Mengatasi telinga berair pada dasarnya tidak hanya bisa dilakukan dengan pemberian obat kimia saja tetapi juga bisa dengan pengobatan alami. Tenang saja, prosesnya tidak ribet dan cenderung aman.

Jika tidak dengan obat kimia, apakah pengobatannya dengan dibantu cotton bud? Jawabannya adalah tidak. Penggunaan cotton bud malah memicu terjadinya infeksi saluran telinga serius.

Begini Cara Efektif Mengatasi Telinga Berair dan Bau pada Anak

Cara Efektif Mengatasi Telinga Berair dan Bau pada Anak
Cara Efektif Mengatasi Telinga Berair dan Bau pada Anak

Apabila gejala yang muncul masih ringan, sebaiknya bunda mengobati sakit telinga di rumah terlebih dahulu. Terapkan cara-cara alami dengan bantuan perlengkapan murah meriah. Berikut penjelasannya:

1. Teteskan Minyak Zaitun

Kandungan dalam minyak zaitun dipecaya memiliki berbagai manfaat baik, misalnya saja mengatasi telinga berair sekaligus berbau akibat terjadinya pembengkakan dan peradangan di telinga.

Cara penerapannya adalah dengan memanaskan minyak zaitun sampai suhunya menghangat, setelah itu barulah teteskan ke telinga yang bermasalah. Perlu diingat, jangan meneteskannya terlalu banyak, cukup 3-5 tetes saja.

Biarkan selama beberapa waktu, kemudian posisikan telinga yang sudah ditetesi minyak zaitun menghadap alas kepala, bisa bantal atau benda empuk lainnya. Tujuan dari proses ini yaitu agar minyak zaitun di dalam telinga mengalir ke luar.

2. Kompres Hangat

Menghilangkan infeksi telinga ringan tidak sesulit yang dibayangkan, tetapi tetap harus berhaati-hati supaya gejalanya tidak semakin parah. Untuk meringankan gejalanya, Anda bisa menerapkan kompres hangat pada telinga yang bermasalah.

Menerapkan kompres hangat pada telinga yang mengalami infeksi dipercaya mampu meredakan gejala bengkak dan memberi rasa nyaman.

Tidak jauh berbeda dengan cara kompres air hangat untuk meredakan demam, cara kompres hangat untuk telinga juga mudah. Persiapkan air hangat terlebih dahulu, kemudian serap kehangatannya dengan handuk, setelah itu barulah terapkan ke telinga.

3. Gunakan Tea Tree Oil

Penggunaan tea tree oil dinilai efektif untuk mengobati telinga berair dan berbau. Manfaat tersebut didapat karena berbagai kandungan baik di dalamnya, mulai dari antivirus, antibakteri, fungisida, antimikroba, insektisida, stimulan, ekspektoran dan balsamic,

Berdasarkan manfaat baik dan kandungannya, tea tree oil cocok dijadikan sebagai obat tetes telinga alami. Cara penggunaannya adalah dengan meneteskan tea tree oil ke telinga yang bermasalah.

Setelah proses tersebut, jangan langsung mengeluarkan tea tree oil yang baru diteteskan ke telinga. Biarkan beberapa saat agar kandungannya terserap oleh pori-pori, kemudian barulah Anda bisa mengeluarkannya.

4. Jangan Biarkan Telinga Terlalu Lembab

Bagi yang gemar berenang atau sering mandi sampai telinganya sangat basah, sebaiknya segera keringkan area telinga menggunakan handuk lembut. Hindari membiarkan telinga basah dalam jangka waktu lama.

Hal itu juga berlaku untuk orang-orang yang senang beraktivitas berat, misalnya gym, lari untuk membakar kalori, atau bekerja sebagai jasa angkut barang.

Satu lagi pengobatan alami untuk telinga berair dan berbau adalah menata posisi tidur dengan benar. Sebaiknya tinggikan posisi bantal untuk membuat cairan lebih mudah keluar dan hindari tidur miring menekan bagian telinga yang sakit.

Setelah membaca penjelasan mengenai cara efektif mengatasi telinga berair dan berbau yang dijelaskan pafikabluwutimur.org di atas, bunda-bunda tidak lagi perlu bergantung dengan obat kimia. Namun, apabila gejalanya kian parah, segera hubungi dokter.