Apa itu Data : Fungsi, Manfaat dan Jenis

Apa itu Data : Fungsi, Manfaat dan Jenis

Diposting pada

Di era perkembangan saat ini, data dijadikan referensi untuk memudahkan orang-orang dalam melakukan suatu penelitian atau pengamatan. Data tersebut mencakup angka, simbol, kata-kata, kalimat, dan sebagainya.

Data sudah menjadi hal penting di kehidupan manusia saat ini. Dari data, Anda dapat mengetahui segala macam informasi yang dibutuhkan. Data juga memiliki berbagai macam jenis, fungsi, serta manfaatnya yang sangat mempermudah Anda dalam melakukan suatu kegiatan atau penelitian.

Banyak info menarik tentang data, berikut rangkuman penjelasan data.

Pengertian Data

Data adalah sekumpulan keterangan atau informasi yang dibuat dalam bentuk angka, simbol, kata-kata, ataupun kalimat.  Data biasanya diperoleh melalui sebuah pengamatan dan penelitian yang sesuai berdasarkan sumber-sumber tertentu.

Data umumnya masih bersifat mentah, sehingga perlu diproses lagi menjadi sesuatu yang lebih akurat dan kompleks.

Dari pengertian data di atas, maka akan disebutkan dan dijelaskan jenis data yang perlu Anda ketahui. Berikut penjelasan jenis-jenis data:

Jenis-Jenis Data

Berikut pengertian beberapa jenis data menurut para ahli, diantaranya:

1. Data Berdasarkan Sumbernya

Sumber data menurut Arikunto (2013:172) adalah subjek dimana data diperoleh, sumber data yang tidak tepat mengakibatkan data yang terkumpul tidak relevan.

Jenis data berdasarkan sumber ada dua, yaitu:

  • Data Primer

Data Primer adalah data yang telah diperoleh dan dikumpulkan dari sumber-sumber tertentu yang melakukan penelitian.

Contohnya:

  • Data dari hasil wawancara secara langsung.
  • Data hasil survey.
  • Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang dikumpulkan dari sumber yang telah ada atau tersedia. Contoh data sekunder antara lain, kumpulan data startup di Indonesia yang sudah dikeluarkan oleh Mentri Komunikasi dan Informasi.

2. Data Berdasarkan Sifatnya

Ada dua jenis data berdasarkan sifatnya, yaitu:

  • Data Kualitatif

Data kualitatif menurut Sugiyono (2015) yaitu data yang berbentuk kata, skema, dan gambar. Data kualitatif dikumpulkan melalui wawancara, isi kuisioner, observasi, dan lain sebagainya.

  • Data Kuantitatif

Menurut Sugiyono (2015) data kuantitatif adalah data berbentuk angka atau data kualitatif yang diangkakan. Data tersebut bersifat objektif, seperti para karyawan bersedia menjadi reponden dan mengisi kuisioner pada sebuah web perusahaan distributor alat kesehatan.

3. Data Berdasarkan Waktu Pengumpulan

Ada dua macam data berdasarkan waktu pengumpulannya, yaitu:

  • Data Cross Section

Data cross section merupakan data yang hanya dikumpulkan di waktu-waktu tertentu hanya untuk mengetahui kondisi yang terjadi saat itu. Contohnya, data hasil ujian untuk memasuki Sekolah Menengah Atas dan sejenisnya.

  • Data Berkala (Time Series Data)

Data berkala merupakan data yang diambil secara berkala pada waktu yang telah ditetapkan. Contoh data berkala, yaitu:

  1. Data inventory control yang dilakukan setiap bulannya di tanggal yang ditetapkan.
  2. Data harga makanan di saat tertentu.

Fungsi dan Manfaat Data

Apa itu Data : Fungsi, Manfaat dan Jenis

Data yang sudah Anda kumpulkan dan temukan saat ini pasti memiliki fungsi serta manfaatnya masing-masing. Di bawah ini beberapa fungsi dan manfaat data yang bisa Anda dapatkan, diantaranya:

1. Dasar untuk Perencanaan

Manfaat dan fungsi dari data yang pertama, yaitu sebagai dasar untuk perencanaan. Sebuah data yang Anda kumpulkan bisa digunakan sebagai perencanaan. Karena, dalam melakukan perencanaan dibutuhkan daya yang penting dan akurat.

2. Dasar untuk Membuat Keputusan Terbaik

Dari data yang terpercaya Anda bisa membuat suatu keputusan terbaik pada suatu permasalahan di dalam penelitian. Maka dari itu, data sangat penting untuk menentukan keputusan apa yang akan Anda ambil.

3. Dasar Acuan Implementasi Suatu Aktivitas

Dengan mengumpulkan banyak data, maka dapat Anda jadikan acuan maupun tolak ukur suatu aktivitas atau kegiatan.

4. Bahan untuk Evaluasi

Terbentuknya kualitas yang baik dengan meningkatkan mutu di dalam organisasi ataupun lembaga adalah hasil dari evaluasi yang telah dilakukan.

Mengenai hal tersebut, data sebagai bahan berperan untuk mengevaluasi dari hasil kegiatan atau kerja yang telah dilakukan oleh organisasi atau perusahaan tertentu

Demikianlah pembahasan ringkas tentang pengertian data, jenis data, fungsi serta manfaatnya. Semoga bermanfaat bagi Anda.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.