5 Cara Efektif Mengobati Flu Singapura pada Anak-Anak

Flu Singapura termasuk salah satu jenis penyakit yang rentan menyerang anak-anak. Selain mendapat informasi tentang obat-obatan di pafimamujukab.org, Anda juga perlu waspada dengan penyakit flu singapura.

Apa Itu Flu Singapura?

Flu Singapura termasuk sejenis penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang bernama coxsackievirus. Sebenarnya flu ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Gejala yang sangat menonjol yaitu munculnya sariawan dan bintil-bintil yang berair.

Biasanya bintil-bintil tersebut muncul di area kaki, mulut dan tangan serta terkadang ada juga luka yang terlihat di bokong, siku, lipatan paha dan lutut.

Gejala Penyakit Flu Singapura

Cara Efektif Mengobati Flu Singapura pada Anak-Anak
Cara Efektif Mengobati Flu Singapura pada Anak-Anak

Ketika anak terinfeksi oleh virus Singapura, masa inkubasi dari virus ini biasanya berlangsung sekitar 3-6 hari. Selanjutnya, akan muncul beberapa gejala seperti :

  • Sakit tenggorokan
  • Demam
  • Sariawan terasa sakit pada gusi, lidah dan juga di pipi bagian dalam
  • Rewel
  • Nyeri perut
  • Ruam merah seperti melepuh bahkan berisi cairan di telapak kaki, bokong dan telapak tangan
  • Batuk

Biasanya gejala awal munculnya penyakit flu Singapura ini adalah demam. Lalu sekitar 1-2 hari, akan muncul luka atau sariawan di lidah, bagian dalam pipi dan gusi.

Cara Mengobati Flu Singapura

Cara mengobati flu Singapura sebenarnya tidak memerlukan obat khusus. Flu Singapura bisa sembuh ketika siklus hidup dari virus ini sudah lewat dengan sendirinya. Adapun salah satu cara untuk pemulihan penyakit ini adalah beristirahat sampai sembuh total.

Namun mengingat flu Singapura lebih sering dialami pada anak-anak dan bayi, Anda bisa melakukan perawatan flu Singapura secara mandiri agar dapat meredakan gejala jika anak mengalaminya, berikut ini :

1. Berikan Obat Pereda Nyeri

Anda dapat memberikan obat pereda nyeri seperti ibuprofen atau parasetamol agar demam tidak berlanjut atau dapat meredakan rasa nyeri pada anak.

2. Beristirahat Total

Untuk mempercepat pemulihan flu singapura pada bayi atau anak-anak, Anda dapat memastikan si kecil beristirahat total. Minum minuman segar seperti jus untuk mengurangi sakit di tenggorokan.

3. Beri Sup

Sup selain rasanya enak juga dapat melegakan tenggorokan serta membuat tubuh lebih hangat. Lebih dari itu, sup juga bisa membuat penderita flu singapura dewasa bisa cepat pulih.

4. Cukupi Air Minum

Cara mengatasi flu singapura selanjutnya adalah penuhi kecukupan cairan tubuh dengan banyak air minum agar tidak dehidrasi.

5. Oleskan Krim Anti Gatal

Untuk membuat pasien lebih nyaman saat mengalami flu Singapura, sebaiknya oleskan krim ruam untuk meredakan rasa gatal.

Bagaimana Mencegah Flu Singapura?

Mengobati flu Singapura memerlukan waktu cukup lama, oleh karena itu sebaiknya lakukan pencegahan secara tepat. Ada beberapa cara pencegahan yang bisa Anda coba berikut :

  • Biasakan membersihkan tangan hingga benar-benar bersih, terutama setelah mengganti popok si kecil, sebelum makan, maupun sesudah buang air.
  • Ajari si kecil agar tidak berbagi tempat minum atau makannya.
  • Pastikan anak terjaga kebersihan seluruh anggota tubuhnya.

Dengan mengetahui cara mencegah dan mengatasi flu Singapura, Anda sebagai orang tua tidak perlu panik lagi ketika anak mengalaminya. Dapatkan informasi tentang obat-obatan untuk flu Singapura di pafimamujukab.org.