Cara Mengatasi Kering Pada Kulit Anda

SehatQ: Cara Mengatasi Kering Pada Kulit Anda

Diposting pada

Kulit kering menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh banyak orang, tapi bagaimana sebenarnya cara mengatasi kulit kering yang benar?

Kulit kering adalah kondisi dimana lapisan kulit yang paling luar atau epidermis tidak cukup mendapatkan kelembaban yang disebabkan oleh beberapa hal.

Penyebab kulit kering

Saat mengalami kulit kering, kulit Anda akan terasa kasar, bersisik, mengelupas, ruam, atau bahkan iritasi, yang biasanya terjadi di area kulit wajah, tangan, atau kaki. Berikut ini adalah beberapa hal yang menyebabkan kulit kering:

1. Udara yang panas, kering, atau dingin

Udara yang panas, kering, atau dingin, menyebabkan kelembaban udara menurun sehingga kulit tidak mendapatkan tingkat kelembaban yang dibutuhkan.

2. Usia

Bagi orang yang sudah lanjut usia cenderung mengalami kulit kering dikarenakan menurunnya produksi sebum, minyak alami untuk pelumas kulit.

3. Menggosok kulit

Menggosok kulit terlalu keras bisa merusak kelembaban pada permukaan kulit yang menjadikan kulit Anda terasa lebih kering.

4. Kondisi medis tertentu

Penyebab kulit kering selanjutnya adalah adanya kondisi medis tertentu. Contohnya adalah penyakit kulit yang menyebabkan kulit mengelupas, kering, hingga pecah-pecah.

Kondisi medis tertentu lainnya seperti adanya gangguan tiroid, penyakit ginjal atau diabetes, juga bisa menjadi penyebab kulit kering.

5. Penggunaan produk dengan zat kimia keras

Penggunaan produk kecantikan seperti sabun mandi, sabun cuci muka, hingga produk perawatan kulit lainnya yang mengandung zat kimia keras bisa memicu timbulnya masalah kulit kering.

Biasanya, kulit kering terjadi akibat penggunaan zat kimia yang mampu menurunkan kelembapan kulit sehingga kulit menjadi lebih kering.

6. Mandi dengan air panas terlalu lama

Mandi yang terlalu lama apalagi dengan menggunakan air panas bisa menghilangkan minyak alami dari kulit hingga mengakibatkan masalah kulit kering.

7. Penggunaan obat-obatan tertentu

Contoh obat yang mungkin digunakan adalah obat jerawat pada area wajah yang berisiko kulit kering atau bahkan mengelupas.

Diantara jenis obat jerawat yang bisa menimbulkan efek samping tersebut adalah asam salisilat, benzoil peroksida, alpha hydroxy alpha (APA), dan retinol.

Cara mengatasi kulit kering

Cara Mengatasi Kering Pada Kulit Anda

Pada dasarnya, mengatasi kulit kering adalah tentang menjaga kelembaban kulit. Secara lebih terperinci, berikut ini adalah beberapa cara mengatasi kulit kering:

1. Hindari mandi dengan air panas

Air panas bisa menghilangkan minyak alami kulit yang berperan besar dalam menjaga kelembapan kulit. Untuk itu, sebaiknya Anda tidak mandi dengan air yang terlalu panas, melainkan Anda bisa mandi cukup dengan air hangat.

2. Jangan mandi terlalu lama

Banyak orang suka menghabiskan waktu yang lama di kamar mandi, berendam dengan air hangat misalnya.

Padahal jika ini dilakukan terlalu lama dan terlalu sering bisa membuat kulit semakin kering. Jadi, cukup batasi durasi mandi Anda sekitar 5-10 menit saja.

3. Gunakan sabun dengan kandungan melembabkan

Untuk menjaga kelembaban kulit, sebaiknya Anda menggunakan sabun mandi yang cocok untuk kulit kering dan bersisik.

Anda bisa memilih kandungan sabun yang bisa membantu melembabkan kulit, sehingga mampu menutrisi kulit Anda dari luar dan membantu kulit Anda lebih lembab dan sehat.

4. Mencuci muka secara teratur

Cara menjaga kelembaban kulit selanjutnya adalah dengan mencuci muka secara teratur, setidaknya dua kali sehari.

Anda juga bisa menggunakan pembersih wajah yang cocok untuk kulit kering. Pilihlah produk dengan kandungan yang bisa membantu melembabkan kulit seperti asam stearate (stearic acid) dalam shea butter atau yang mengandung asam linoleate (linoleic acid) dalam minyak argan.

5. Hindari menggosok kulit dengan handuk

Kebanyakan orang mengeringkan kulit dengan cara menggosok kulit menggunakan handuk. Padahal, jika dilakukan terus menerus bisa menyebabkan kulit kering. Cukup tepuk-tepuk handuk secara lembut pada kulit untuk mengeringkannya.

6. Mengoleskan pelembab pada kulit

Untuk mengatasi kulit kering karena ac atau karena sebab lainnya, Anda bisa menggunakan pelembab kulit seperti lotion.

Anda dapat menggunakan pelembab ini sesaat setelah mandi atau ketika berada di suhu yang dingin. Jika Anda akan beraktifitas di luar ruangan, pilih pelembab yang mengandung tabir surya minimal SPF 30 guna melindungi dari bahaya sinar UV.

7. Gunakanlah produk pelembap alami

Cara melembabkan kulit tubuh yang kering selanjutnya adalah dengan menggunakan beberapa produk pelembab alami. Diantara yang bisa Anda gunakan untuk melembabkan kulit adalah minyak kelapa, madu, petroleum jelly, atau lidah buaya.

Bahan-bahan tersebut bisa menjadi cara mengatasi kulit kering disekitar bibir, atau pada bagian-bagian kulit kering lainnya pada tubuh.

8. Minum air putih yang cukup

Untuk menjaga kulit Anda tetap lembab, Anda perlu minum air putih yang cukup untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh. Usahakan untuk minum 8 gelas atau sekitar 2 liter air putih setiap harinya.

9. Gunakan Humidifier di rumah

Humidifier dapat menjaga kelembapan udara di dalam ruangan sehingga kulit kering Anda dapat menjadi lebih lembab dan tidak gatal.

Itulah beberapa penyebab serta cara mengatasi kulit kering yang perlu Anda ketahui sebagai bentuk promo kesehatan. Saat ini sangat penting untuk terus memberikan promosi kesehatan guna sebagai cara untuk mengedukasi masyarakat terkait tema-tema kesehatan yang sangat dekat kaitannya dalam kehidupan sehari-hari.

Salah satu upaya menjaga kesehatan adalah dengan menjaga kelembaban kulit dan mengatasinya dari kulit kering sebelum menjadi masalah kesehatan yang lebih serius lagi.

Seorang yang #MengakuBlogger tertarik pada ilmu Digital Marketing mulai dari SEO, SEM hingga Content Writing.