Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi

Penyebab gula darah naik yang sering disepelekan adalah mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat. Untuk mengetahui jenis makanan dan minuman penyebab meningkatnya gula darah juga bisa Anda pelajari di pafisampit.org.

Perlu Anda ketahui! Sebenarnya semua makanan dan minuman aman dikonsumsi asalkan dalam porsi yang wajar. Namun, bagi penderita diabetes harus bisa menghindari beberapa makanan dan minuman tertentu.

Makanan dan Minuman Penyebab Gula Darah Naik

Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi
Makanan dan Minuman yang Menyebabkan Gula Darah Tinggi

Menjaga gula darah tetap stabil bisa terwujud dengan memperhatikan jenis makanan dan minuman yang dikonsumsi. Makanan penyebab gula darah naik kebanyakan berasal dari lemak dan karbohidrat tidak sehat atau makanan indeks glikemik tinggi.

Inilah beberapa makanan dan minuman penyebab gula darah tinggi yang harus dihindari, yaitu:

1. Makanan Tinggi Lemak

Makanan yang mengandung lemak trans dan lemak jenuh secara tidak langsung menjadi pemicu gula darah naik. Makanan dengan kandungan ini dapat menyebabkan resistensi insulin dan risiko diabetes semakin meningkat.

Beberapa makanan tinggi lemak adalah olahan daging, daging merah, krimer, mentega, kue, keripik kentang, susu yang tinggi lemak, dan makanan cepat saji.

2. Makanan dengan Karbohidrat Tinggi

Makanan berkarbohidrat tinggi bisa memicu meningkatnya kadar gula darah.Beberapa makanan dengan karbohidrat tinggi adalah kentang, roti putih, pasta, dan nasi putih.

Boleh mengkonsumsi makanan ini, dengan porsi secukupnya dan imbangi dengan olahraga menurunkan gula darah.

3. Minuman yang Manis

Minuman manis membuat risiko diabetes semakin meningkat. Contoh minuman manis seperti kopi, bubble tea, teh manis, dan minuman coklat yang dicampurkan dengan gula, sirup, soda, dan karamel.

Jika gula darah sudah meningkat, akan muncul tanda awal diabetes, salah satunya luka yang tak kunjung sembuh.

Makanan Baik untuk Penderita Diabetes

Penderita diabetes bisa mengkonsumsi obat-obatan, namun penderita bisa merasakan efek samping obat diabetes tersebut. Untuk itu, penderita diabetes bisa mengimbangi dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Ini beberapa diantaranya:

1. Sayuran Hijau

Sayuran hijau mempunyai kandungan pati tinggi indeks glikemik dan karbohidrat. Sayuran hijau tinggi lutein dan zeaxanthin. Kandungan ini memberi perlindungan katarak dan mengurangi komplikasi diabetes.

2. Ceri

Ceri termasuk buah-buahan yang baik untuk menurunkan gula darah dengan cepat dan efektif. Buah Ceri mengandung anthocyanin tinggi dan bisa mengurangi Insulin resistance.

3. Tomat

Tomat menjadi salah satu makanan yang bisa menurunkan gula darah dengan efektif dan cepat. Tomat mengandung likopen dan anthocyanin yang berperan menghambat dan mengurangi pelepasan gula darah.

4. Jagung

Jagung mempunyai angka indeks glikemik yang rendah dan bisa menurunkan gula darah dengan alami. Jagung mempunyai kandungan serat dan pati, keduanya bisa membuat kadar gula darah tidak melonjak.

5. Ubi Jalar

Ubi jalar mengandung kadar glikemik rendah, kalium, serat, vitamin A dan C. Ubi Jalar dapat mengontrol kadar gula darah sehingga bisa mengatasi risiko diabetes pada seseorang.

Kesimpulannya makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes adalah makanan tinggi lemak dan karbohidrat, serta minuman yang manis. Untuk lebih jelasnya, bisa cek di pafisampit.org.